Senin, 10 Desember 2012

PERTEMUAN ROMANTIS SPERMA DAN SEL TELUR (Recognition of Egg and Sperm)


1.       PERKENALAN ROMANTIS ANTARA SPERMA DAN SEL TELUR


Nah loe loe yang pada masih bingung dengan materi pekwan kemarin,,,termasuk saya sih…., Saya akan berusaha memberikan translitannya diblog ini n dengan kemasan bahasa yang semenarik mungkin…ok chect it dot..



Alkisah cerita singkat yang menyebabkan fusi membran plasma si  cantik sel telur dan si gagah sperma di landak laut (A) dan tikus (B). (A) pembuahan landak laut adalah eksternal. (1) sperma diaktifkan dengan cara zat xhemoatractan sehingga sperma tertarik dan jatuh cinta pada sel telur. (2, 3) lapisan jelly pada telur menyebabkan reaksi akrosom terjadi, sehingga proses akrosom untuk membentuk dan melepaskan enzim proteolitik. (4) Sperma masuk ke salaput vitelline dan membuat suatu lubang di dalamnya. (5) sperma yang cakep masuk ke membran plasma telur dan berfusi dengan membrane plasma. Pronukleus sperma sekarang dapat memasuki sitoplasma sel telur. (B) fertilisasi mamalia bersifat internal. (1) senyawa yang terdapat pada reproduksi wanita mengundang terjadinya kapasitasi, menarik, dan mengaktifkan sperma. (2) sperma akrosom utuh berikatan dengan zona pelusida, yang merupakan sebuah selaput tebal daripada landak laut. (3) Reaksi akrosom terjadi pada zona pelusida. (4) Sperma mencerna lubang di zona pelusida. (5) sperma melekat pada telur, dan plasma mereka berdua berfusi.

Nah kawan – kawan tahu tidak pertemuan antara si gagah sperma dan si cantik sel telur itu menyebabkan sedikitnya terjadi 5 kejadian besar..mari kita lihat dibwah nih baca….

1.      Proses kemoatraksi  sperma ke sel telur oleh molekul terlarut disekresikan oleh telur
2.      exocytosis dari vesikel akrosom untuk melepaskan suatu enzim
3.      Pengikatan si gagah sperma ke selaput ekstraseluler (lapisan viteline atau zona pelusida) dari telur
4.       Lewatnya si gagah sperma melalui SELAPUT ekstraseluler
5.      Fusi si genit sel telur dan membran plasma sel sperma

Kadang-kadang langkah 2 dan 3 dibalik (seperti dalam fertilisasi mamalia) dan sperma mengikat telur sebelum melepaskan
isi akrosom. Setelah lima langkah yang dicapai, inti sperma dan sel telur haploid akhirnya dapat bertemu, wah akhirnya mereka bertemu dengan indahnya ckckckc dan reaksi yang merupkan awal dari suatu perkembangandapat dimulai.
,
gimana kawan – kawan sampai situ mengerti dunk ok kita lanbjut… Pada banyak spesies, pertemuan sperma dan sel telur bukanlah hal yang mudah. Banyak organisme laut melepaskan gamet mereka ke lingkungan.  lingkungan mungkin sekecil kolam air pasang atau sama besar dengan lautan. Selain itu, mungkin juga bersama dengan spesies lain yang mungkin menumpahkan sel-sel seks mereka pada waktu yang sama. Organisme kayak gini tuh kawan – kawan sering dihadapkan dengan dua masalah: yang pertama…Bagaimana sperma dan telur bertemu di suatu suatu tempat yang encer ?, dan bagaimana dapat dicegah sperma yang  mencoba untuk membuahi telur dari spesies lain?
Nah untuk menjelaskan hal tersebut tunggu postingan saya selanjutnya..soal saya belum mandi waktu mempostingnya ckckckc,,,,wait,.,,,,,,J

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar